Hidup Tenang Tanpa Tinggalkan Utang

Hidup Tenang Tanpa Tinggalkan Utang

Hidup Tenang Tanpa Tinggalkan Utang – Besar pasak daripada tiang yakni pepatah mendefinisikan pengeluaran makin besar daripada penghasilan.

Jika terus menerus berjalan, keadaan ini dapat membuat Anda terbelit oleh hutang yang akan semakin mencekik. Agar hal seperti ini tidak berjalan, jadi khusus agar Anda dapat hidup sesuai penghasilan. Bagaimana jalannya?

Hidup Tenang Tanpa Tinggalkan Utang Saat Pensiun?

Menunggak cicilan, uang habis untuk bayar bunga, dikunjungi debt collector atau masuk ke blacklist bank.

Baca Juga: Hias Coffee Table Rumah Menjadi Cantik

Karena jika Anda tidak bisa mengelola keuangan secara baik. Lakukan banyak hal itu agar Anda alami ketenangan hidup.

Buat Bujet

Faedah dari ongkos untuk tahu berapakah uang yang masuk dan ke mana uang keluar. Bahas dengan pasangan, berapakah jumlah uang yang dapat dibelanjakan. Langkah sederhana yang dapat dicoba yakni dengan menggunakan sistem amplop. Anda dapat masukkan beberapa uang dalam amplop untuk makanan, pakaian, dan amplop lainnya didepan bln.. Cocokkan pengeluaran Anda untuk barisan itu. Jika uang dalam amplop tinggal sedikit, lakukan penghematan agar kepentingan Anda untuk bln. itu terpenuhi.

Hidup Tenang Tanpa Utang  Setop Iri

Saksikan tetangga mempunyai mobil baru atau saksikan rekanan memiliki smartphone baru, lalu ikut membeli karena tidak mau ketinggalan. Sikap ini demikian bikin rugi untuk keuangan, karena sebenarnya Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan. Ditambah lagi jika saat itu Anda tidak bisa membeli tetapi teruslah memaksakan untuk membeli dengan cara kredit. Keadaan ini akan menangkap keuangan Anda. Begitu sebaliknya, punya sikap untuk berpuas pada yang ada. Sikap ini akan membuat Anda berasa berbahagia karena kebahagiaan seorang bukanah karena uang atau harta benda yang dimilikinya.

Berlaku Simpel

Jika uang Anda hanya memungkinkan untuk membeli tempe dan air putih tetapi Anda membeli daging dan bir, di yakinkan Anda akan mengalami kesulitan keuangan karena uang yang dibelanjakan makin besar dari kemampuan Anda. Maka seharusnya konsumsi sesuai kemampuan keuangan Anda.

Hidup Tenang Tanpa Utang  Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Hutang uang yang Anda lakukan mengakibatkan bunga yang penting dibayarkan. Maka jika tidak benar-benar memerlukannya, janganlah sampai berutang. Walau seringkali Anda berkelit jika hal seperti itu benar-benar perlu, tetapi, coba pikirkan satu kali lagi, apa benar-benar perlu atau hanya ialah keinginan saja.

Persiapkan dana pensiun sejak awal kali

Berdasar hasil penelitian Aging Asia yang dilaksanakan oleh Manulife, dengan makin panjangnya umur keinginan hidup warga Indonesia, karena itu jumlah dana yang perlu dipersiapkan oleh pasangan suami istri untuk periode pensiunnya nantinya rerata sejumlah 25,8 tahun pengeluaran.

Apa Anda telah mempunyai dana simpanan sekitar itu? Bila belum, selekasnya persiapkan. Gunakan upah, THR, dan bonus Anda untuk diinvestasikan sekarang ini dan digunakan di periode pensiun nantinya. Bila perlu, Anda dapat menambahkan pendapatan dari kerja sampingan saat lagi masih produktif. Makin awal Anda mulai, makin besar faedah compounding interest yang dapat Anda cicipi. Bila sekarang ini Anda telah mendekati umur pensiun tetapi belum memiliki dana yang cukup, pikirkan untuk selalu bekerja di umur pensiun. Maksudnya, supaya tuntutan hidup Anda nantinya bisa tercukupi tanpa perlu berutang.

Lepaskan diri dari hutang konsumtif

Hutang konsumtif sebagai beban untuk aliran kas. Dengan mempunyai hutang konsumtif – baik berbentuk hutang kartu credit, KTA, hutang ke saudara/rekan, dan lain-lain – karena itu jatah uang yang dapat Anda pinggirkan atau investasikan untuk dipakai periode pensiun kelak jadi lebih sedikit. Tanpa diakui, hutang konsumtif di periode produktif ini akan berpengaruh di tingkat kesejahteraan Anda di periode pensiun nantinya.

Menyiapkan diri untuk pensiun

Saat ini, aku ingin ajak Anda untuk mulai memikirkan seperti apakah pola hidup Anda di periode pensiun nantinya. Yok kita awali! Saat pensiun kelak, Anda tinggal di dalam rumah yang sebesar apa? Rumah itu berada di kota atau wilayah mana? Anda melancong berkunjung beberapa anak, cucu-cucu, dan beberapa famili dan teman dekat dengan memakai kendaraan apa?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan itu, Anda mulai akan punyai bayang-bayang seperti apakah periode pensiun Anda nantinya. Untuk merealisasikan periode pensiun sama seperti yang berada di bayang-bayang Anda barusan, penting untuk menyiapkan fisik, psikis, dan keuangan Anda. Dengan penyiapan yang masak semenjak jauh-beberapa hari, Anda dapat sesuaikan pola hidup secara setahap, hingga dapat nikmati periode pensiun dengan berbahagia, tanpa tertarik untuk pinjam uang ke sana-kemari di periode pensiun nantinya. Dengan demikian, kesehatan fisik dan psikis Anda dapat terbangun.

Tidak boleh kembali berutang mendekati pensiun

Jauh saat sebelum tanggal pensiun, pikirkan keperluan transportasi dan rumah yang akan Anda pakai di periode pensiun kelak. Apa nanti Anda akan memakai angkutan umum atau kendaraan individu? Upayakan supaya tidak ada angsuran kendaraan, minimal 2 tahun menjelang tanggal pensiun. Maksudnya ialah supaya Anda dapat betul-betul simpan dana dengan optimal dan memulai sesuaikan pola hidup. Janganlah sampai Anda masih mempunyai angsuran mobil di ketika telah pensiun.

Dalam rencana pensiun secara mendalam, keperluan rumah harus juga dipikir, bahkan juga diprioritaskan. Pikirkan untuk tinggal di dalam rumah yang memiliki ukuran lebih kecil atau berpindah ke wilayah dengan ongkos hidup yang lebih rendah. Pikir dan targetkan secara baik sekian tahun saat sebelum tanggal pensiun Anda: di mana Anda akan tinggal saat pensiun kelak. Dengan demikian, Anda punyai saat yang cukup buat membayar angsuran rumah itu saat sebelum tanggal pensiun.

Mencari asuransi kesehatan

Bersamaan pertambahan umur, pos ongkos kesehatan akan turut bergerak bertambah. Karena itu, Anda harus cari asuransi kesehatan yang dapat dijangkau dan sesuai keperluan Anda dan bagian keluarga yang bisa menjadi tanggungan Anda nantinya.

Hidup Tenang Tanpa Utang  Persiapkan dana genting

Walaupun telah pensiun, Anda harus tetap punyai dana genting. Maka dana genting tidak cuma harus dipunyai oleh beberapa karyawan di umur produktif, tapi juga oleh beberapa pensiunan. Nanti, dana ini dapat Anda pakai untuk mengongkosi ongkos rawat jalan atau diskusi dokter dan beberapa obat yang tidak dijamin oleh faksi asuransi dan BPJS Kesehatan. Disamping itu, dana genting bisa juga dipakai juga untuk membenahi rumah yang bocor, perawatan kendaraan, dan lain-lain.

Tidak ada yang ingin terlilit hutang, apa lagi di umur senja saat keadaan kesehatan telah lebih buruk. Seluruh orang ingin nikmati periode tua yang sejahtera. Saat lagi masihlah ada kesempatan, persiapkan awal hari ini.

Kecuali menabung, Anda dapat membagi keunggulan dana Anda ke wujud investasi seperti emas. Emas karakternya mudah dipasarkan, sampai jika setiap waktu Anda perlu dana, Anda dapat jual simpanan emas Anda.

Hidup sesuai penghasilan ialah cara cocok jika Anda tidak mau terus-terusan dipusingkan oleh hutang. Pada akhirnya, hidup akan semakin tenang dan berbahagia.